Gelaran Seni Sunda Memperingati Hari Bahasa Ibu


Alunan tembang Cianjuran, yang dibawakan Neneng Fitri, diiringi instrumen kacapi suling membuka acara gelar seni Sunda bertajuk "Mieling Poe Basa Indung Sadunya 2015" di Gd. Padepokan Seni Mayang Sunda, Sabtu (21/2/20-15).

Sang juara berbagai pasanggiri Tembang, Pupuh dan Kawih Sunda tersebut berhasil membuat suasana menjadi khidmat, para tamu yang datang pun terhanyut dan terbawa suasana yang ada.

Acara yang dimulai pukul 20.15 WIB tersebut merupakan wujud keperdulian salah satu komunitas musik Sunda, Panaratas dan PSMS terhadap hari Bahasa Ibu yang diperingati setiap 21 Februari.

Gelaran seni yang  menyuguhkan konten Pop Sunda, Tembang Cianjuran, Reog, dan Jaipong Klasik tersebut diisi juga dengan Lagu-lagu Pop Sunda yang dinyanyikan Rita Tila, "Bangbung Hideung dan Es Lilin", Nining Meida "Potret Manehna" ciptaan Nano S/aransemen Yan Achiemsha, dan "Jol" ciptaan Doel Sumbang yang aransemen aslinya adalah karya Doel Sumbang. (Khusus untuk pagelaran ini diaransir oleh Yan Achiemsha).

Penyanyi lainnya yang sukses menyita perhatian ratusan penonton Rya Fitria "Bogoh Kasaha" ciptaan Yana. Kermit/aransemen Yan Achiemsha, dan "Jalir Jangji", ciptaan Yana Kermit/aransemen Yan Achiemsha.

Hadir pula Salma Kurnia "Malaikat Cinta" ciptaan Dose Hudaya/aransemen Ronny Load, dan Sakur Ngimpi, ciptaan Dose Hudaya/aransemen Edi Lamos), H Dody Mansyur bawakan "Nasib" ciptaan Mang Edeng, aransemen Yan Achiemsha, dan "Ros Bodas" ciptaan Uko Hendarto/aransemen Aji Beno.

Menurut Sri Susiagawati SE,MM, Kepala UPT Padepokan Seni Mayang Sunda (Disbudpar Kota Bandung), acara tersebut merupakan pagelaran perdana untuk periode tahun 2015.

"Pagelaran seni ini pun kebetulan bersamaan dengan HBII (Hari Bahasa Ibu Internasional), maka tema pagelaran ini yaitu 'Mieling Poe Basa Indung Sadunya' dan merupakan kewajiban warga Jabar untuk melestarikan bahasa Sunda sebagai bahasa ibu. Selain itu pagelaran ini juga sekaligus memperingati dicanangkannya nama dan logo Mayang Sunda yang merupakan hasil sayembara pada akhir 2012," papar sosok yang akrab dengan sapaan Bu Waty ini dalam sambutannya.

Sementara Ketua Umum Panaratas, H Dose Hudaya SE,SH,MH., mengatakan Tujuan digelarnya seni sunda "Mieling  Poe Basa Indung Sadunya" yaitu sebagai bentuk kepedulian Panaratas dan PSMS terhadap eksistensi bahasa ibu.

"Tujuan lainnya, untuk lebih mempererat tali silaturahmi diantara seniman Sunda, khususnya seniman musik. Dan juga  menghibur masyarakat pecinta seni Sunda. Acara Gelar Seni Sunda ini diselenggarakan atas kerjasama antara Panaratas dengan Padepokan Seni Mayang Sunda," jelas Dose.

Sumber: Galamedia, 21 Februari 2015
Share on Google Plus

Profil dan Kontak Nining Meida

Nining Meida adalah penyanyi pop Sunda yang telah mengeluarkan puluhan album. Untuk kerja sama, silakan lihat di bagian kontak atau hubungi tim manajemen Nining Meida ke nomor telepon: 08156201931 / 082119344610.